Selain Cantik, 11 Bunga Ini Juga Bisa Dimakan

Selain Cantik, 11 Bunga Ini Juga Bisa Dimakan

Sumber : joyofkosher.com

Bunga selain indah dipandangmata, beberapa diantaranya ternyata juga bisa dimakan. Masyarakat di Indonesia sebenarnya telah terbiasa mengkonsumsi bunga, misalnya masyarakat di Jawa Tengah atau Jawa Timur sudah biasa memasukkan bunga turi sebagai salah satu bahan untuk pecel, begitu-pun etnis atau suku lain juga sudah terbiasa menggunakan jantung pisang yang merupakan bunga tanaman pisang, sebagai salah satu bahan masakan. Brokoli dan blumkol (kembang kol) juga merupakan bunga yang popular sebagai sayuran yang umum digunakan oleh masyarakat. Namun selain bunga yang umum dikonsumsi tersebut, ada juga beberapa bunga indah yang selain bisa menjadi hiasan pada makanan sekaligus juga bisa dimakan.

Bunga yang cantik dapat digunakan untuk menghias serta menambah warna, tekstur, aroma dan rasa pada hidangan. Bunga-bunga ini dapat disertakan pada makanan utama, makanan penutup, salad bahkan pada minuman.

Beberapa jenis bunga yang bisa dimakan adalah:

  1. Mawar

Sumber : wallsimages.com

Bunga mawar merupakan salah satu bunga yang paling populer yang bisa dikonsumsi, bunga ini biasanya digunakan dalam selai, jelly atau cake, juga biasa digunakan untuk minuman baik sebagai sirop ataupun teh. Karena kecantikan bunganya, mawar biasa digunakan sebagai hiasan makanan. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa bunga mawar kaya akan protein, vitamin dan asam amino. Secara umum jika mawar tersebut wangi maka rasanya akan enak, semakin gelap warna bunganya, rasanya semakin enak. Gunakan hanya mahkota bunganya dan hilangkan pangkal bunganya sebelum dikonsumsi.

Sumber : amazon.com

 

 

  1. Melati

Sumber : dailymotion.com

Tidak hanya menebarkan keharuman, melati ternyata bisa menjadi tambahan salad favorit anda. Bunga melati memiliki sifat anti karsinogenik atau pencegahkan dan anti virus.

 

Sumber : steemit.com

 

  1. Bunga Matahari

Sumber : studiofmp.com

Menyantap biji bunga matahari bukan hal asing lagi. Tal hanya nikmat sebagai camilan, kuaci juga bermanfaat bagi kesehatan seperti dapat membebaskan lambung anda dari masalah konstipasi, menurunkan kolesterol, dan mengandung vitamin E yang baik untuk kulit. Kelopaknya pun bisa dimakan dalam keadaan mentah seperti dibuat salad.

Sumber : nutritioncrsp.org

 

  1. Semanggi

Sumber : plus.google.com

Bunga Semanggi sebenarnya merupakan bagian dari semacam jenis tanaman liar paku air yang sering ditemukan di daerah perairan seperti di pinggir sungai, persawahan dan rawa. Umumnya daun semanggi banyak dijadikan makanan seperti urap, sayur bening, dan pecel. Selain daunnya mungkin ada beberapa yang belum mengetahuinya bagian dari tumbuhan ini adalah bunganya bisa dijadikan olahan.

Sumber : putrinyanormal.com

 

  1. Genjer

Sumber : centersoal.blogspot.com

Biasanya bagian genjer yang diambil untuk dikonsumsi adalah daun dan batangnya. Tapi ternyata bunganya pun bisa dimakan. Bentuk dari bunga genjer ini kecil dan masih berbentuk kuncup. Untuk mendapatkan rasa bunga genjer yang segar seperti kangkung, maka pilihlah bunga genjer yang masih muda. Bunga genjer ini biasa dijual dalam satu ikatan terpisah dari daun genjer.

Sumber : pinterest.com

 

  1. Turi

Sumber : pinterest.com

Bunga turi ada yang berwarna merah dan putih, dan biasanya dijadikan menu lalapan dan bahan pembuatan pecel di Jawa Timur. Bunga ini sebenarnya jarang ditemukan biasanya tumbuh di daerah pedesaan sebagai tanaman pagar, dengan bentuk pohon yang kecil namun cukup rindang. Bunga turi memiliki rasa manis yang unik. Kandungan yang dimiliki dalam bunga turi adalah kalsium, zat besi, dan vitamin A yang cukup tinggi. Sehingga bunga ini dapat dikategorikan kedalam makanan sehat, khususnya bagi ibu hamil karena dapat melancarkan ASI.

Sumber : takaitu.com

 

  1. Bunga Sepatu

Sumber : drawinglics.com

Hibiscus rosa-sinensis L atau yang sering disebut bunga sepatu yang biasanya disajikan dalam bentuk teh. Bunga ini mengandung anthocyanin dan antioksidan yang dapat mengontrol tekanan darah dana kadar kelosterol. Hibiscus ada yang tumbuh di daerah teropis dan sub teropis dan biasanya bunga ini dikeringkan terlebih dahulu sebelum diseduh dengan air panas dan menjadi teh yang siap diminum. Tidak hanya itu, bagian kelopak bunganya dapat dijadikan manisan atau ditambahkan pada salad. Rasa bunga ini mirip dengan buah cranberry dengan sedikit sensasi citrus seperti lemon.

Sumber : stylecraze.com

 

  1. Bunga Pisang

Sumber : dailyprotidinerkagoj.com

Bunga pisang biasanya banyak ditemukan pada masakan asal Asia Tenggara. Biasanya bagian bunga yang berwarna putih akan direndam semalaman agara getahnya hilang sebelum dimasak. Bisa juga dimakan dalam keadaan mentah, tapi pastikan bunga pisang bukan berasal dari jenis yang pahit.

Sumber : resepkoki.id

 

  1. Lavender

Sumber : theodysseyonline.com

Bunga cantik ini dapat berwarna biru, ungu muda atau ungu tua. Jenis bunga yang liar kadang-kadang berwarna ungu kehitaman atau ungu kekuningan. Sebagai bunga konsumsi Lavender sebagian besar digunakan sebagai pelengkap salad, hal itu menambah sedikit rasa manis pada hidangan, memberi wangi jeruk. Bunga ini dapat digunakan dalam resep marshmallows dan digunakan sebagai hiasan kue.

Sumber : thepinsta.com

 

  1. Krisan

Sumber : beachhousedesigns.net

Bunga krisan sering dijadikan teh oleh masyarakat Cina, karena selain tinggi anti oksidan dan mineral, bunga ini memiliki sifat anti karsinogenik, anti inflamasi. Bunga krisan berkhasiat dalam menyehatkan pencernaan dan sistem pencernaan. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur mengembangkan teknik mengolah daun dan bunga krisan menjadi makanan ringan seperti keripik, rolade, sirup, dan teh.

Sumber : ca2-health.com

 

  1. Saffron (Kuma-kuma)

Sumber : kotaksurat.co

Bunga saffron sejak dulu dikenal punya banyak khasiat. Tumbuh di iklim sedang dan tropis, safrron kaya kandungan copper, potassium, kalsium, zatbesi, mangan, magnesium, zinc, selenium, vitamin C, asamfolat, karoten, vitamin A, niasin, crocin, dan riboflavin. Zat-zat tersebut bermanfaat untuk zat anti kanker, mengatasi anemia, menunda penuaan dini, menghilangkan jerawat, meningkatkan kesuburan, meningkatkan stamina laki-laki, melancarkan haid, dan banyak lagi. Rasa bunganya seperti rasa rumput yang ditambah kan madu, dan biasa dibuat menjadi campuran puding, paella, dan biryani dan sering dikeringkan dan disebut saffron yang dipakai sebagai bumbu masakan dan bahan pewarna.

Sumber : youtube.com

 

Tentu saja tidak semua bunga bisa dimakan, untuk mengetahui apakah sekuntum bunga bisa dimakan harus diperhatikan hal-hal sebagia berikut :

  • Pelajari jenis-jenis bunga yang bisa dimakan dari berbagai referensi agar kita yakin dapat mengkonsumsi jenis bunga tertentu karena ada juga bunga yang mengandung racun.
  • Konsumsilah bunga-bunga yang ditanam sendiri atau kita yakin aman untuk dikonsumsi artinya tidak menggunakan pestisida pada saat pembudidayaan, jangan gunakan bunga yang dipetik ditepi jalan karena dikhawatirkan sudah terkena polusi atau terkena paparan pestisida.
  • Gunakan bunga yang bersih, segar, dan petiklah pada saat pagi hari dihari kita akan mengkonsumsinya, namun beberapa bunga juga bisa dikonsumsi setelah dikeringkan.
  • Makan kelopaknya saja, buang tangkai bunga, putik dan benang/serbuk sarinya, jangan makan bunga bila kita memiliki penyakit asma atau alergi.
  • Bila kita menderita alergi, mulailah memakan bunga secara bertahap karena dikhawatirkan dapat memperparah alergi kita.
  • Hindari mengkonsumsi bunga-bunga yang dapat mengakibatkan keracunan, diantaranya : semacam bunga bakung dan bunga pukul empat.

Dari penjelasan mengenai jenis bunga diatas kita dapat mengetahui apa-apa saja jenis bunga yang dapat dimakan dengan aman dan juga sangat berguna bagi tubuh kita, sebenarnya masih banyak jenis bunga yang bisa dimakan dan bahkan diolah menjadi kue, minuman dan salad. Dengan cara meriset dengan melihat resep dari para chef handal.

Wah ternyata bunga tidak hanya cantik juga bisa dikonsumsi. Tau gak kalau di Prestisa juga menyediakan bunga-bunga itu lho! Kami merangkainya dalam hand bouquet, flower box, bunga meja dan lain-lain. Bisa order online dan pengiriman gratis!

 

 

 

 

 

No votes yet.
Please wait...
Voting is currently disabled, data maintenance in progress.
LOVEFTW Telah Melayani

Gratis
Ongkir

Bunga
Segar

Seluruh
Indonesia

Pelayanan
24/7



Toko Bunga Jakarta

Pusat Karangan Bunga